Oct 20, 2014

Kalender Hijriyah 1436

.:: Sejarah Singkat Penetapan Kalender Hijriyah

Penetapan kalender Hijriyah dilakukan pada zaman Khalifah #Umar bin Khatab RA., yang menetapkan peristiwa hijrahnya Rasulullah saw dari Mekah ke Madinah. Kalender Hijriyah juga terdiri dari 12 bulan, dengan jumlah hari berkisar 29-30 hari. Penetapan 12 bulan ini sesuai dengan firman Allah Subhana Wata'ala:

"Sesungguhnya bilangan bulan pada sisi Allah adalah dua belas bulan, dalam ketetapan Allah di waktu dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus, Maka janganlah kamu menganiaya diri kamu dalam bulan yang empat itu, dan perangilah kaum musyrikin itu semuanya sebagaimana merekapun memerangi kamu semuanya, dan Ketahuilah bahwasanya Allah beserta orang-orang yang bertakwa"
(QS. At-Taubah: 36-37)

Dengan turunnya wahyu di atas, Rasulullah saw menetapkan bahwa kalender Islam tidak lagi bergantung kepada perjalanan Matahari dan menggunakan kalender Qamariyah murni, serta menghilangkan tradisi penambahan bulan ke-13 (Nasi').
Nama-nama bulan Qamariyah mulai Muharam sampai Dzulhijjah sudah populer pemakainnya. Masyarakat Arab memberi nama bulan-bulan tersebut sesuai dengan keadaan alam yang terjadi.

1. Muharram, karena pada bulan ini kaum muslimin sepakat mengaharamkan peperangan. Sebelum datangnya Islam, masyarakat Arab menyebut bulan ini dengan bulan Shafar Awal.

2. Shafar (kuning), dikarenakan pada waktu itu daun daun mulai menguning dalam pemberian nama. Ada yang mengartikan Shafar dengan makna kosong, karena dalam bulan tersebut pemukiman orang Arab kosong dari kaum lelaki. Semuanya pergi berniaga merantau atau berperang.

3. Rabiul awal dan Rabiul akhir, karena di bulan tersebut musim semi terjadi. Rabi' sendiri dalam bahasa Arab bermakna musim semi.

4. Bulan Jumadal Ula dan Akhirah yang terjadi musim dingin dan beku. Dalam bahasa Arab beku adalah jamad. Dari sinilah bulan ini dinamakan Jumadal Ula dan Akhiroh.

5. Ketika Matahari melewati semenanjung Arab, salju di Arab mulai mencair, karena itu bulan ini di namakan Rajab.

6. Karena salju telah mencair, lahan pun bisa ditanami kembali, penduduk Arab mulai turun ke lembah (syi'ib) untuk menanam dan mengembala. Bulan ini disebut Sya'ban.

7. Matahari bersinar terik hingga membakar kulit, pada masa ini bulannya dinamakan Ramadhan yang artinya sangat panas.

8. Dibulan selanjutnya cuaca semakin panas karena panasnya meningkat bulan ini disebut syawal yang berarti peningkatan. bulan Ramadhan yang berarti pembakaran adalah bulan pembakaran dosa.

9. Suhu yang panas membuat orang Arab lebih suka duduk-duduk di rumah dalam bahsa arab duduk itu arti dari qa'id. Karena itu bulan ini diberi nama Dzul Qa'dah.

10. Terakhir Dzulhijjah, karena di bulan ini masyarakat arab pergi kekota Mekkah untuk melaksanakan ibadah haji.

Wallahu a'lam bisshawaab
Silakan unduh wallpaper kalender 1436 H dengan resolusi penuh di bawah ini: 

No comments:

author
Design Dakwah
Sebuah page nirlaba yang berkarya untuk menyebarkan dakwah melalui Visual dakwah.