Dec 9, 2014

Sahabat itu...

.:: Umar ibn Khattab -radhiyallahu 'anhu- berkata:
 

"Tidak ada nikmat yang diberikan kepada seorang hamba setelah nikmat Islam lebih baik dari nikmat sahabat yang shaleh, maka apabila salah seorang dari kalian telah mendapatkan cinta dari sahabat shalehnya, hendaklah ia menggenggamnya dengan kuat."

.:: Imam as-Syafi'i r.a. berkata:


"Apabila engkau memiliki sahabat yang mengingatkanmu akan ketaatan, maka genggamkanlah kedua tanganmu erat-erat kepadanya! karena mendapatkan sahabat itu sulit, sedangkan meninggalkannya begitu mudah."

.:: Hasan al-basri r.a. berkata:


"Kami lebih mencintai sahabat-sahabat kami dari pada istri dan anak-anak kami, karena keluarga kami mengingatkan kami akan dunia, sedang sahabat kami mengingatkan kami akan akherat, dan di antara sifat mereka adalah itsar (mementingkan kepentingan orang lain)."

.:: Luqman yang bijaksana menasehati anaknya, ia berkata:


"Wahai putraku, hendaklah perkara pertama yang engkau cari setelah iman kepada Allah, adalah sahabat yang jujur. Sesungguhnya sahabat yang jujur itu seperti pohon yg rindang. jika engkau mengambil sesuatu darinya, maka dia akan mengenyangkanmu, dan jika dia tidak bermanfaat bagimu, dia tidak mencelakakanmu."

.:: Suatu hari saat Imam Ahmad r.a. menderita suatu penyakit yang menyebabkannya tidak dapat bangkit dari kasurnya, sahabat baiknya Imam as-Syafi'i r.a. datang menjenguknya.

Ketika Imam As-syafi'i melihat kondisi penyakit yg dialami sahabatnya itu, beliau sangat bersedih hingga akhirnya beliaupun jatuh sakit pula.

Saat Imam Ahmad r.a. mengetahui berita itu, beliau menguatkan dirinya dan segera pergi menjenguk Imam Syafi'i ke rumahnya.

Lalu ketika Imam Syafi'i r.a. melihatnya datang, beliau berkata, "Saat sahabat baikku sakit, aku datang menjenguknya, hingga akupun sakit karena kesedihanku akan keada'annya. Kini sahabat baikku telah sembuh dan datang menjengukku. Sungguh saat ini aku pun telah merasa sembuh karena melihat keadaanya."

Ya Allah, karuniakanlah kepada kami sahabat-sahabat yg baik...

Amiiinnn


No comments:

author
Design Dakwah
Sebuah page nirlaba yang berkarya untuk menyebarkan dakwah melalui Visual dakwah.