Jan 9, 2018

Kaligrafi Sholat Imam Indonesia?

Versi Square



Pernah lihat kaligrafi seperti ini?

Kaligrafi berbentuk seseorang sedang sholat dalam posisi tasyahud ini sudah admin lihat semenjak kecil. Kaligrafi ini sangat populer di Indonesia. Bentuknya sangat khas dan disukai banyak masyarakat. Banyak dijual oleh tukang tukang poster sampai ukiran kayu. Banyak tergantung menghiasi rumah rumah kaum muslimin.

Isinya adalah syahadatain (dua kalimat syahadat). Ditulis dengan khat tuluts. Mengambil shape berbentuk orang sholat. Bentuk penutup kepalanya seakan akan mirip penutup kepala wali wali dari tanah Jawa, yang admin lihat dari poster poster walisongo. Sempat admin pikir bahwa kaligrafi ini buatan orang Indonesia (Jawa).

Lalu siapakah penulis sebenarnya?

Sebenarnya sudah tertera didalam karya itu di karya aslinya. Pada bagian bawah tertulis katabahu al faqir ilallah Walid Mahdi. Jadi penulisnya adalah kaligrafer bernama Walid Mahdi. Ia adalah seorang kaligrafer kuno asal Iraq.

Juga terdapat tahun penulisannya yaitu tahun 1290 H (kira kira tahun 1873 M). Wallahu A'lam.

Nah, sekarang Admin Dd membuatnya jadi lebih kekinian, bisa kawan pakai sebagai wallpaer PC, laptop ataupun Hand Phone sebagai pengingat shalat. Karena shalat adalah amaln yang akan pertama kali di perhitungkan pada hari kiamat kelak.

Dari Abu Hurairah, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

” إِنَّ أَوَّلَ مَا يُحَاسَبُ بِهِ العَبْدُ يَوْمَ القِيَامَةِ مِنْ عَمَلِهِ صَلَاتُهُ فَإِنْ صَلَحَتْ فَقَدْ أَفْلَحَ وَأَنْجَحَ وَإِنْ فَسَدَتْ فَقَدْ خَابَ وَخَسَرَ فَإِنِ انْتَقَصَ مِنْ فَرِيْضَتِهِ شَيْءٌ قَالَ الرَّبُّ تَبَارَكَ وَتَعَالَى : انَظَرُوْا هَلْ لِعَبْدِي مِنْ تَطَوُّعٍ ؟ فَيُكْمَلُ بِهَا مَا انْتَقَصَ مِنَ الفَرِيْضَةِ ثُمَّ يَكُوْنُ سَائِرُ عَمَلِهِ عَلَى ذَلِكَ ” . وَفِي رِوَايَةٍ : ” ثُمَّ الزَّكَاةُ مِثْلُ ذَلِكَ ثُمَّ تُؤْخَذُ الأَعْمَالُ حَسَبَ ذَلِكَ ” .

“Sesungguhnya amal hamba yang pertama kali akan dihisab pada hari kiamat adalah shalatnya. Apabila shalatnya baik, dia akan mendapatkan keberuntungan dan keselamatan. Apabila shalatnya rusak, dia akan menyesal dan merugi. Jika ada yang kurang dari shalat wajibnya, Allah Tabaroka wa Ta’ala  mengatakan, ’Lihatlah apakah pada hamba tersebut memiliki amalan shalat sunnah?’ Maka shalat sunnah tersebut akan menyempurnakan shalat wajibnya yang kurang. Begitu juga amalan lainnya seperti itu.” (HR. Abu Daud, Ahmad & Hakim)

Unduh wallpaer versi HD di: www.designdakwah.com

Versi Wallpaper

No comments:

author
Design Dakwah
Sebuah page nirlaba yang berkarya untuk menyebarkan dakwah melalui Visual dakwah.