Jul 14, 2014

Mereka (Syuhada) itu hidup, tapi kamu tidak menyadari (Ali Imran : 169)

"Dan janganlah kamu mengatakan terhadap orang-orang yang gugur di jalan Allah, (bahwa mereka itu) mati; bahkan (sebenarnya) mereka itu hidup, tetapi kamu tidak menyadarinya." (Al-Baqarah : 154)

"Janganlah kamu mengira bahwa orang-orang yang gugur di jalan Allah, itu mati, bahkan mereka itu hidup di sisi Tuhannya dengan mendapat rezeki."  (Ali Imron : 169)


Setelah terbunuhnya 70 orang Muslimin dalam perang Uhud, orang-orang Munafikin Madinah  menunjukkan sikap keprihatinan mereka kepada keluarga mereka. Saat melayat mereka menyebut Rasul dan para sahabatnya yang bertanggung jawab atas kematian para mujahidin. Di sisi lain, Abu Sufyan, pembesar Musyrikin Mekah di akhir perang Uhud menyatakan bahwa tujuh puluh orang yang terbunuh ini adalah sebagai ganti 70 orang dari orang-orangnya  yang terbunuh dalam perang Badr. 

Allah  Swt menurunkan ayat ini untuk menghadapi propaganda Musyrikin dan Munafikin  yang menganggap sama orang muslim dan musyrik yang terbunuh di medan perang. Sebagai jawaban atas pernyataan Abu Sufyan itu, Allah menjelaskan satu poin penting yang membedakan kedua. Disebutkan bahwa orang muslim yang meninggal di medan perang disebut syahid dan tempatnya di surga. Sementara orang musyrik yang tewas tempatnya di neraka.

Dalam riwayat disebutkan, "Selalu ada kebaikan yang lebih tinggi dari setiap kebaikan, kecuali syahadah. Karena tidak dapat dibayangkan kebaikan apa lagi yang lebih tinggi dari mati syahid."  Oleh karenanya, para nabi dan wali dalam doa mereka, memohon syahadah dari Tuhan dan banyak dari mereka yang mati syahid.

Dari ayat tadi terdapat dua poin pelajaran yang dapat dipetik:‎

1.  Syahadah merupakan nikmat yang paling besar dan tidak ada kata rugi bagi orang yang syahid.

2.  Syahadah bukanlah akhir kehidupan syahid,  tapi  permulaan kehidupan  ilahinya.

 Tag :  Free Download Wallpaper Islam Islamic Design Dakwah Da'wah Typography Indonesia doa untuk gaza Ali IMran 169 Albaqarah 154

No comments:

author
Design Dakwah
Sebuah page nirlaba yang berkarya untuk menyebarkan dakwah melalui Visual dakwah.